SEMINAR NASIONAL “ REFLEKSI 33 TAHUN KHITTAH NU” DI SUKOREJO

Kamis, 12 Januari 2017 00:27 WIB
955x ditampilkan Berita Utama Kamaly Seminar Nasional Khittah NU Mahad Aly Salafiyah Syafiiyah Sukorejo

Pada hari rabu 11 Januari 2017 terselenggara acara yang cukup penting untuk masa depan organisasi Nahdlatul Ulama yaitu Seminar Nasional dengan tema REFLEKSI 33 TAHUN KHITTAH NU. Acara ini terselenggara atas kerjasama pesantren Salafiyah Syafi`iyyah Sukorejo Situbondo, TV9 dan LTNNU Jawa Timur. Seminar tersebut dilaksanakan di Aula Mahad Aly Situbondo yang akan berlangsung sampai besok kamis 12 januari 2017.

Pada acara seremonial pembukaan tadi pagi, diawali dengan pembacaan barzanji, pembacaan ayat-ayat suci Alquran dan beberapa sambutan dan epilog seminar. Menurut panitia seminar, KH. Muhyiddin Khotib, penyelenggaraan acara ini sangat tepat di tempatkan di PP. Salafiyah Syafi`iyyah Sukorejo Situbondo karena di pesantren inilah lahirnya khittah NU. LTN dan TV9 sebagai penyelenggara dan media yang memiliki afiliasi terhadap NU perlu dan harus mensosialisasikan khittah ini kepada seluruh masyarakat NU, kata KH. Muhyiddin dalam sambutannya. Di antara tujuan Seminar Nasional  Refleksi 33 Tahun Khittah NU ini adalah  untuk menegukuhkan kembali pemahaman dan pengamalan tentang khittah NU yang telah dirumuskan 33 tahun yang lalu. Karena banyak dirasakan bahwa banyak pihak yang memahami dan mengamalkan khittah secara tidak utuh.

Di antara yang hadir dalam acara pembukaan tadi siang adalah KH. Ahmad Azaim Ibrahimy, KH. Afifuddin Muhajir, KH. Hariri Abdul Adhim, KH. Sadid Jauhari (PWNU), KH. Firjoun (putra KH. Ahmad Siddiq), Putra KH. Muhit Muzadi, Gus Najib (LTNNU), Bapak Sururi (TV9), pa/ra tokoh muda NU, keluarga Kamali (Alumni Mahad Aly) dan santri Mahad Aly.

Acara ini terbagi dalam beberapa sesi dengan tema Khittah NU dalam berbagai aspeknya. Narasumber yang dijadwalkan hadir adalah beberapa Intelektual NU, Kiai PBNU, Kiai PWNU, dan para Akademisi. (Zky/TA)