Klarifikasi KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy Terkait Peristiwa MUSLIM ROHINGNYA

Senin, 23 Oktober 2017 19:54 WIB
361x ditampilkan Berita Utama Pesantren

Setelah dihubungi oleh KH. Ihya Ulumiddin

Atas dasar pentingnya tabayyun kepada para habaib dan masyayikh di Maktab Markazy Ash-Sofwah, maka kami sampaikan bahwa mungkin cara pandang kami dan sebagian ikhwan terkait peristiwa Rohingnya berbeda dalam akar masalah (konflik agama atau bukan) namun sama dalam hal tujuan, keharusan peduli terhadapmuslim Rohingnya. Maka, kami berharap kita umat Islam umumnya, dan abna' Abuya khususnya, tidak terjebak kepada sebab tetapi fokus kepada tujuan, bahwa kita harus peduli kepada Muslim Rohingnya. Dan hal ini sudah kami sampaikan di berbagai majlis pengajian.

Bagaimana mungkin kami memahami bahwa konflik Rohingnya sebagai konflik agama, sedangkan junta militer budha tidak lagi dikatakan sebagai manusia, tetapi mereka kehilangan kemanusiaannya. Maka tidak pantas mereka mengatasnamakan agama. Kami memahami bahwa yang terjadi disana adalah "binatang" memangsa manusia.

Namun rupanya, perbedaan cara pandang terhadap sebab akar masalah ini diberitakan secara viral oleh berbagai sumber media yang berpihak kepada kelompok liberal. Maka, kami memohon agar tabayyun ini menjadi maklum kepada para habaib dan masyayikh di Maktab Markazy Ash-Sofwah.

 

Maafkan kami,

Ahmad Azaim Ibrahimy