Pesantren Al-Bidayah Jember Belajar Jurnalistik Ke Ma’had Aly Situbondo

Ahmad Husain Fahasbu Ahad, 11 Maret 2018 09:51 WIB
880x ditampilkan Berita Utama Studibanding Mahadaly Albidayah Situbondo Jember

Untuk kesekian kalinya, Ma’had Aly Situbondo menjadi destinasi keilmuan dari Pesantren luar, kunjungan kali ini berasal dari Pesantren al-Bidayah Jember. Berbeda dengan kunjungan-kunjungan sebelumnya, kunjungan kali ini para santri al-Bidayah berbaur langsung dengan para santri Ma’had Aly Situbondo. Terbukti, tempat istirahat para tamu ditempatkan di asrama para santri.  

Pengasuh Pesantren al-Bidayah, KH. Abdul Haris ketika memberikan kata sambutan menyatakan bahwa Ma’had Aly Situbondo sudah terkenal sejak lama, mulai dari iklim akademiknya, progresifitas pemikirannya dan lain-lain. Oleh karena itu, ia berharap agar Ma’had Aly Situbondo berkenan menjadi patner keilmuan bagi Pesantren al-Hidayah.

Secara spesifik ia juga berkeinginan bagaimana Ma’had Aly Situbondo memberikan tips terkait kepenulisan dan metodologi. Ia berkeinginan Pesantren al-Bidayah juga bisa mengelola media penerbitan seperti Ma’had Aly mengelola Buletin Tanwirul Afkar. Menanggapi keinginan ini, KH. Muhyiddin Khatib, siap mengutus beberapa santri untuk menjadi tutor terkait tulis-menulis di Pesantren al-Bidayah Jember.

Perlu diketahui bahwa kunjungan Pesantren al-Bidayah ini dalam rangka rihlah ilmiah yang memang diinisiasi oleh pengurus Pesantren. Sebelum ke Ma’had Aly, mereka sudah berkunjung ke Darul Lughah Wa Dakwah Bangil Pasuruan.[]

Sumber