Masuk Nominasi Tingkat Nasional

Rabu, 1 Agustus 2018 19:40 WIB
408x ditampilkan Berita Utama Akademik Berita Umum Pesantren Mahasantri Mahad Aly Ke Mahasantri An PKTIM 2018 Mahad Aly Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo

Santri Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo kembali menunjukkan kiprahnya di kompetisi tingkat nasional. Kali ini dalam ajang penulisan karya ilmiah yang digelar Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Bertajuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasantri (PKTIM) 2018, gelaran tersebut ditujukan khusus bagi para santri Ma’had Aly se-Indonesia dan dikemas dalam bentuk penelitian kompetitif.

Ikut ambil bagian dalam lomba tulis ini empat santri, yakni Ahmad Husain Alhabsyi, Syahrul A'dhom Alfajri, Wafiroh, dan Fina Lailatul Masruroh. Selanjutnya, dari keempat nama itu dua di antara mereka akhirnya sukses masuk nominasi lima belas besar.

Mereka adalah mas A'dhom dengan judul karya,  Fikih HAM; Dialog antara Hukum Internasional Hak Asasi Manusia dan Hukum Islam, dan ukhti Fina yang mengusung judul Integrasi Nilai Pesantren Salaf dan Kholaf sebagai Dasar Pendidikan Karakter, hasil penelitiannya di salah satu pesantren di daerah Gitik Rogojampi Banyuwangi.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag RI, Ketua Asosiasi Ma’had Aly, Dr Abdul Djalal yang notabene salah satu dosen senior di Ma’had Aly Situbondo, menyambut baik gelaran PKTIM 2018. Beliau berharap kegiatan ini akan menguatkan tradisi penulisan karya ilmiah di lingkungan Ma’had Aly.

Begitu pula kepada mas Adhom dan ukhti Fina, kami pun berharap semoga kalian mampu mengharumkan nama Ma’had Aly kita dengan sukses merengkuh juara dalam ajang ini.

 

Oleh: Fikri AR