Dukungan Kiai Azaim Jadi Pejabat

Sabtu, 1 September 2018 16:27 WIB
565x ditampilkan Berita Artikel Mahasantri Mahad Aly Nyawapres Pengajian Alhikam

KHR Ach. Azaim Ibrahimy mendukung santri menjadi pejabat. Hal itu beliau sampaikan sewaktu mengisi pengajian Alhikam di Mushala Ma’had Aly beberapa pekan lalu. Ketika itu, bahasan mengenai anjuran untuk ber-khumûl (menyembunyikan identitas diri).

Menurut beliau, justru sekarang momentum bagi para santri mengisi semua lini jabatan. Entah itu jabatan di level bawah, semisal kepala desa, maupun jabatan-jabatan strategis sebagai bupati, gubernur, atau selainnya.

Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa tidak ada masalah dengan jabatan; dan lagi tidak ada keharusan melepas jabatan. Sebab, yang wajib itu bagaimana seorang pejabat mampu bersikap tawaduk ketika mengemban jabatannya.

Namun demikian, beliau tidak menghendaki manakala dalam ikhtiar meraih jabatan itu, santri hanya bermodalkan ambisi dan obsesi semata. “Mesti dengan strategi dan pertimbangan yang matang,” pesan beliau.

Alhasil, jika “santri post-modern” yang nyatanya lulusan Amrik saja berani maju nyawapres, masak kita-kita yang “santri tulen” didikan masyayikh pesantren kalah berani. Jikapun begitu, adakah kira-kira mahasantri Ma’had Aly yang tertarik jadi pejabat? Wallâhu a’lam.