Muktamar Santri 2018 Resmi dibuka oleh Menteri Agama RI

Rabu, 10 Oktober 2018 17:43 WIB
792x ditampilkan Berita Utama Muktamar Santri Mahad Aly

Rabu 10 Oktober 2018, Muktamar Pemikiran Santri Nasional Resmi di Buka Oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Perhelatan perdana Muktamar Pemikiran Santri Nasional dilaksanakan di PP. Yayasan Ali Maksum dan Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Sebagaimana direncanakan, kegiatan ini akan berlangsung sampai hari Jum’at, 12 Oktober 2018.

Dalam sambutannya, Pak Lukman Hakim menyampaikan bahwa forum Muktamar Pemikiran Santri Nasional akan dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun. Ajang Muktamar ini diharapkan menjadi wadah para santri untuk mengaktualisasikan pemikirannya. Di jaman milenial ini, santri harus mampu mengawal dan mempertahankan tradisi salafunnasshalih dan kearifan lokal nusantara serta mampu berpaju dengan globalisasi.

Oleh karena itu, tema besar muktamar perdana kali ini mengusung tema “Islam, kearifan lokal dan tantangan Kontemporer”. Tema ini menjadi sangat relevan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini yang dihadapkan pada ajaran ekstreminisme,radikalisme, terorisme, serta potensi konflik horizontal yang semakin nyata menjadi ancaman bagi keberlangsungan Islam di Indonesia.

Selain itu, acara muktamar juga dirangkai dengan silaturrahmi Asosiasi Ma’had Aly Indonesia dengan seluruh pimpinan dan mahasantri Ma’had Aly se-Indonesia. Forum ini dijadikan sebagai wadah untuk melakukan konsolidasi dan sosialisasi tentang Ma’had Aly. Diantara pokok-pokok gagasan yang dibahas dalam forum sitlatnas adalan pembentukan forum komunikasi mahasantri nasional. Termasuk juga bembentukan forum komunikasi alumni Ma’had Aly nasional.  

Dr. KH. Abdul Djalal, M.Ag., (ketua Amali) menyampaikan bahwa Darul Ifta’ Mesir akan memfasilitasi  lulusan Ma’had Aly untuk magang di sana selama satu tahun. Dengan harapan, jebolannya dapat memberikan konstribusi lebih besar lagi terhadap negara setelah pulang ke tanah air.[n]

Tabik; donyekasaputra