AMALI Audensi, Mahasantri Bentuk Tim Sembilan

Jumat, 12 Oktober 2018 17:34 WIB
472x ditampilkan Berita Utama Amaali Kementrian Agama Mahasantri

Hari kamis 11 Oktober 2018, pimpinan Ma’had Aly se-nusantara yang tergabung dalam Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (AMALI) melakukan audensi dengan menteri agama RI. Materi audensi fokus berbicara beberapa masukan dari AMALI seputar RUU pesantren yang secara inten telah dikaji oleh AMALI  beberapa waktu lalu. Selain pimpinan Amali, hadir juga beberapa kiai yang  tergabung dalam Forum Komunikasi Pendidikan Muadalah (FKPM) dan Asosiasi Pendidikan Diniyah Formal (Apendif).

Audensi yang berlokasi di Bantul Yogyakarta sekitar pukul 07. 30 WIB tersebut sangat diapresiasi oleh Bapak Lukman Hakim Saifudin (Menteri Agama RI). Menurut Menag., seluruh masukan akan dihimpun untuk dibahas bersama dalam penyusunan daftar inventaris masalah (DIM). DIM akan disusun dan dibahas bersama setelah Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama menerima naskah RUU yang telah disahkan dalam paripurna sebagai inisiatif DPR. 

Menag. juga memaparkan bahwa para kiai punya peluang untuk berkontribusi dalam membuat DIM yang akan diusulkan kepada pemerintah. Sebelum disampaikan ke DPR, DIM akan didiskusikan dulu dengan forum pengasuh. Jadi, RUU yang disusun DPR akan dipersandingkan dengan DIM yang disusun pemerintah untuk kemudian dibahas bersama.

Malam harinya, di kompleks pesantrean Kprapyak Ali Maksum seluruh pimpinan Ma’had Aly di bawah komando Kiai Abdul Djalal (Ma’had Aly Situbondo) melakukan pertemuan kembali dengan  Bapak Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Pertemuan kali kedua ini berbicara tentang hal-hal yang berkaitan dengan Ma’had Aly secara khusus.

Sementara di tempat yang terpisah, mahasantri Ma’had Aly se-Nusantara berkumpul untuk silaturrahmi dan taaruf. Forum yang dipimpin dan  dipandu  oleh Doni Ekasaputra selaku  utusan Ma’had Aly  Situbondo merumuskan beberapa kesepakatan yang akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat ini. Salah satunya adalah dibentuknya tim sembilan yang diberikan amanah  untuk menyelenggarakan kongres pemilihan ketua dan pengurus forum komunikasi mahasantri Ma’had Aly se-Nusantara.[d]